Honda Beat ESP dikenal sebagai motor matik yang irit bahan bakar dan handal. Namun, soal kecepatan puncak, motor ini memang bukan jagoannya. Buat kalian yang ingin menambah kecepatan motor kesayangan, berikut ini trik-trik jitu yang bisa diikuti.
1. Ganti Roller yang Lebih Ringan
Roller pada CVT berfungsi untuk menghubungkan mesin dengan roda belakang. Roller yang lebih ringan akan membuat tarikan awal motor lebih cepat sehingga berdampak pada peningkatan kecepatan puncak. Untuk Honda Beat ESP, roller bawaan pabrik memiliki bobot 13 gram. Kalian bisa menggantinya dengan roller berbobot 10-11 gram.
2. Pasang Per CVT yang Lebih Keras
Per CVT berperan dalam mengatur bukaan dan penutupan pulley. Per yang lebih keras akan membuat bukaan pulley lebih cepat sehingga RPM mesin bisa naik lebih tinggi. Untuk Honda Beat ESP, per CVT bawaan pabrik memiliki tingkat kekakuan 1.000 rpm. Kalian bisa menggantinya dengan per yang memiliki tingkat kekakuan 1.200-1.500 rpm.
3. Ganti Pulley Depan yang Lebih Lebar
Pulley depan merupakan bagian dari CVT yang terhubung dengan mesin. Pulley yang lebih lebar akan membuat jarak tempuh per putaran mesin lebih jauh sehingga kecepatan puncak bisa lebih tinggi. Untuk Honda Beat ESP, pulley depan bawaan pabrik memiliki diameter 125 mm. Kalian bisa menggantinya dengan pulley yang memiliki diameter 130-135 mm.
4. Pasang Knalpot Racing
Knalpot racing dirancang untuk mengurangi hambatan gas buang sehingga mesin bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar. Dengan tenaga yang lebih besar, kecepatan puncak motor pun bisa bertambah. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan knalpot racing tidak direkomendasikan karena melanggar peraturan lalu lintas dan dapat menimbulkan kebisingan.
5. Set ECU Ulang
Electronic Control Unit (ECU) merupakan otak dari motor yang mengatur berbagai parameter mesin, termasuk pengapian dan injeksi bahan bakar. Dengan melakukan set ECU ulang, parameter mesin dapat diatur ulang dan dioptimalkan untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar. Set ECU ulang bisa dilakukan di bengkel resmi atau bengkel spesialis.
6. Perhatikan Ukuran Ban
Ukuran ban yang lebih kecil akan mengurangi hambatan gulir sehingga kecepatan puncak bisa lebih tinggi. Namun, perlu diperhatikan bahwa penurunan ukuran ban juga akan mempengaruhi kenyamanan berkendara dan stabilitas motor. Untuk Honda Beat ESP, ukuran ban bawaan pabrik adalah 80/90-14. Kalian bisa menggantinya dengan ban berukuran 70/90-14 atau 60/90-14.
7. Servis Rutin
Servis rutin sangat penting untuk menjaga performa dan kesehatan motor, termasuk kecepatan puncaknya. Dalam servis rutin, mekanik akan memeriksa kondisi mesin, CVT, dan komponen lainnya. Jika ada komponen yang aus atau rusak, segera lakukan penggantian untuk mencegah penurunan performa.
8. Tambahkan Bobot Penyeimbang
Bobot penyeimbang berfungsi untuk mengurangi getaran pada motor. Dengan mengurangi getaran, tenaga mesin bisa lebih fokus pada peningkatan kecepatan. Kalian bisa menambahkan bobot penyeimbang pada setang kemudi atau footrest.
9. Ganti Busi yang Lebih Dingin
Busi yang lebih dingin akan menghasilkan percikan api yang lebih besar sehingga pembakaran bahan bakar lebih sempurna. Pembakaran yang lebih sempurna akan menghasilkan tenaga yang lebih besar dan berdampak pada peningkatan kecepatan puncak. Untuk Honda Beat ESP, busi bawaan pabrik memiliki tingkat panas 7. Kalian bisa menggantinya dengan busi yang memiliki tingkat panas 8 atau 9.
10. Gunakan Oli Sintetik
Oli sintetik memiliki sifat yang lebih baik dari oli mineral, seperti ketahanan terhadap suhu tinggi dan oksidasi. Dengan menggunakan oli sintetik, mesin dapat bekerja lebih optimal dan menghasilkan tenaga yang lebih besar.
Perlu diingat bahwa modifikasi motor harus dilakukan dengan bijak dan tidak berlebihan. Sebab, modifikasi yang berlebihan dapat merusak mesin dan membahayakan keselamatan berkendara. Selalu berkonsultasi dengan mekanik atau ahli sebelum melakukan modifikasi apa pun pada motor kalian.