Bagi penggemar motor klasik, khususnya Vespa, memodifikasi mesin menjadi salah satu hal yang mengasyikkan. Salah satu cara mendongkrak performa mesin ialah dengan melakukan porting pada blok mesin. Porting bertujuan untuk memperbesar dan memperhalus saluran masuk (inlet) dan saluran buang (exhaust), sehingga aliran gas bakar dan gas buang lebih lancar.
Porting blok mesin Vespa 2 tak tidak boleh asal-asalan. Perlu perhitungan dan ketelitian agar menghasilkan peningkatan performa yang optimal, sekaligus menjaga keandalan mesin. Nah, berikut ini rumus-rumus yang bisa dijadikan panduan saat melakukan porting blok Vespa 2 tak:
Rumus Diameter Intake Port
Diameter intake port (saluran masuk) sangat memengaruhi kecepatan aliran gas bakar yang masuk ke ruang bakar. Rumus untuk menghitung diameter intake port adalah:
Diameter Intake Port = (Bore x Stroke) / (2 x Pi x RPM Maksimum)
Keterangan:
- Bore = Diameter silinder (mm)
- Stroke = Langkah piston (mm)
- RPM Maksimum = Putaran mesin maksimum yang diinginkan (rpm)
- Pi = Konstanta matematika (3,14)
Rumus Lebar Intake Port
Lebar intake port juga memengaruhi aliran gas bakar yang masuk. Rumusnya adalah:
Lebar Intake Port = 0,6 x Tinggi Intake Port
Keterangan:
- Tinggi Intake Port = Jarak vertikal dari bagian atas ke bawah intake port (mm)
Rumus Tinggi Intake Port
Tinggi intake port menentukan durasi bukaan katup masuk. Rumusnya:
Tinggi Intake Port = (0,4 x Bore) + (0,4 x Stroke)
Rumus Sudut Intake Port
Sudut intake port memengaruhi arah aliran gas bakar yang masuk. Rumusnya:
Sudut Intake Port = 50° - 60°
Keterangan:
- Sudut diukur dari garis vertikal
Rumus Diameter Exhaust Port
Diameter exhaust port (saluran buang) menentukan kecepatan aliran gas buang keluar dari ruang bakar. Rumusnya:
Diameter Exhaust Port = 0,8 x Diameter Intake Port
Rumus Lebar Exhaust Port
Lebar exhaust port memengaruhi kecepatan aliran gas buang. Rumusnya:
Lebar Exhaust Port = 0,7 x Tinggi Exhaust Port
Rumus Tinggi Exhaust Port
Tinggi exhaust port memengaruhi durasi bukaan katup buang. Rumusnya:
Tinggi Exhaust Port = (0,3 x Bore) + (0,3 x Stroke)
Rumus Sudut Exhaust Port
Sudut exhaust port memengaruhi arah aliran gas buang yang keluar. Rumusnya:
Sudut Exhaust Port = 55° - 65°
Catatan:
- Rumus-rumus di atas hanyalah panduan umum. Modifikasi yang dilakukan harus disesuaikan dengan spesifikasi mesin dan tujuan modifikasi.
- Porting harus dilakukan dengan hati-hati dan menggunakan alat yang tepat.
- Disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik atau tuner berpengalaman sebelum melakukan porting blok.
Dengan mengikuti rumus-rumus ini, diharapkan porting blok Vespa 2 tak dapat menghasilkan peningkatan performa mesin yang signifikan. Mesin akan terasa lebih bertenaga, responsif, dan efisien. Namun, perlu diingat bahwa modifikasi harus dilakukan secara bertanggung jawab dan memperhatikan faktor keselamatan berkendara.