Terungkap! Ini Penyebab Karbu PE 28 NGOK Brebet di Putaran Atas

Hadi Saputra

Karburator PE 28 NGOK merupakan salah satu komponen penting dalam sistem bahan bakar motor yang berperan mencampur udara dan bahan bakar. Namun tak jarang, pengguna motor mengalami masalah brebet pada putaran atas saat menggunakan karbu ini.

Apa saja penyebab brebet pada karbu PE 28 NGOK di putaran atas? Berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Main Jet atau Pilot Jet Tersumbat

Main jet dan pilot jet merupakan komponen yang mengatur aliran bahan bakar ke dalam ruang bakar. Jika kedua komponen ini tersumbat oleh kotoran atau kerak, maka aliran bahan bakar akan terhambat, sehingga menyebabkan brebet pada putaran atas.

2. Jarum Skep Rusak

Jarum skep berfungsi sebagai katup yang mengatur aliran bahan bakar berdasarkan posisi skep. Jika jarum skep rusak atau aus, maka aliran bahan bakar akan tidak stabil, sehingga timbul brebet pada putaran atas.

3. Skep Baret atau Bocor

Skep berfungsi sebagai pengatur aliran udara ke dalam ruang bakar. Jika skep baret atau bocor, maka udara yang masuk akan tidak terkontrol, sehingga menyebabkan campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak ideal dan menimbulkan brebet.

4. Per Skep Lemah

Per skep berfungsi mengembalikan skep ke posisi semula setelah ditekan. Jika per skep lemah, maka skep tidak akan bisa menutup dengan sempurna, sehingga menyebabkan aliran bahan bakar berlebihan dan menimbulkan brebet.

BACA JUGA  Bongkar Rahasia Letak Sensor RPM Vixion Old, Panduan Lengkap untuk Pemula!

5. Katup Gas Macet

Katup gas mengontrol aliran udara ke dalam karburator. Jika katup gas macet, maka aliran udara akan terhambat, sehingga menyebabkan campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak ideal dan menimbulkan brebet.

6. Posisi Jarum skep Terlalu Rendah

Posisi jarum skep yang terlalu rendah akan menyebabkan aliran bahan bakar yang berlebihan pada putaran atas. Hal ini disebabkan jarum skep tidak menutup dengan sempurna, sehingga bahan bakar terus mengalir ke ruang bakar.

7. Kerusakan pada Diafragma Vakum

Diafragma vakum merupakan komponen yang mengatur aliran bahan bakar berdasarkan tekanan vakum. Jika diafragma vakum rusak atau bocor, maka tekanan vakum tidak akan bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan brebet pada putaran atas.

Cara Mengatasi Brebet Karbu PE 28 NGOK di Putaran Atas

Untuk mengatasi brebet karbu PE 28 NGOK di putaran atas, berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  1. Bersihkan main jet dan pilot jet dari kotoran atau kerak.
  2. Ganti jarum skep yang rusak atau aus.
  3. Ganti skep yang baret atau bocor.
  4. Pasang per skep yang baru jika per skep lemah.
  5. Periksa dan bersihkan katup gas, pastikan tidak ada yang macet.
  6. Atur posisi jarum skep pada ketinggian yang sesuai.
  7. Ganti diafragma vakum yang rusak atau bocor.

Dengan melakukan perawatan dan perbaikan yang tepat, brebet pada karbu PE 28 NGOK di putaran atas dapat diatasi. Motor Anda akan kembali berlari kencang tanpa gangguan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar