Jakarta – Honda CB150R old merupakan motor sport populer yang banyak digemari di Indonesia. Salah satu komponen penting pada motor ini adalah kiprok, yang berfungsi untuk mengubah arus AC dari alternator menjadi arus DC yang dapat digunakan untuk mengisi aki dan menghidupkan lampu-lampu.
Untuk memastikan kiprok berfungsi dengan baik, penting untuk memahami warna kabel yang terhubung padanya. Pada Honda CB150R old, terdapat 4 kabel kiprok dengan warna berbeda, yaitu:
1. Kabel Merah
Kabel merah pada kiprok Honda CB150R old merupakan kabel positif (+) yang terhubung ke terminal B+ pada aki. Kabel ini berfungsi untuk mengalirkan arus DC dari kiprok ke aki dan berbagai komponen kelistrikan lainnya.
2. Kabel Hijau
Kabel hijau pada kiprok Honda CB150R old merupakan kabel negatif (-) yang terhubung ke terminal ground pada rangka motor. Kabel ini berfungsi untuk mengalirkan arus ground dari berbagai komponen kelistrikan ke aki.
3. Kabel Biru
Kabel biru pada kiprok Honda CB150R old merupakan kabel eksitasi yang terhubung ke terminal (+) pada alternator. Kabel ini berfungsi untuk memberikan arus eksitasi ke rotor alternator, yang diperlukan untuk menghasilkan arus AC.
4. Kabel Kuning
Kabel kuning pada kiprok Honda CB150R old merupakan kabel output AC yang terhubung ke terminal output pada alternator. Kabel ini berfungsi untuk mengalirkan arus AC dari alternator ke kiprok.
Cara Memeriksa Warna Kabel Kiprok Honda CB150R Old
Untuk memastikan warna kabel kiprok Honda CB150R old Anda benar, Anda dapat melakukan pemeriksaan menggunakan multimeter. Berikut langkah-langkahnya:
- Siapkan multimeter dan setel ke mode pengukuran tegangan DC.
- Hubungkan probe positif (merah) multimeter ke terminal B+ pada aki.
- Hubungkan probe negatif (hitam) multimeter ke kabel merah pada kiprok.
- Hidupkan mesin motor.
- Multimeter akan menunjukkan tegangan sekitar 12-14 volt, yang menunjukkan bahwa kabel merah adalah kabel positif.
- Ulangi langkah-langkah di atas dengan menghubungkan probe negatif multimeter ke kabel hijau, kabel biru, dan kabel kuning pada kiprok.
- Kabel hijau akan menunjukkan tegangan 0 volt, yang menunjukkan bahwa itu adalah kabel ground.
- Kabel biru akan menunjukkan tegangan sekitar 12-14 volt saat mesin hidup dan 0 volt saat mesin mati, yang menunjukkan bahwa itu adalah kabel eksitasi.
- Kabel kuning akan menunjukkan tegangan yang bervariasi saat mesin hidup, yang menunjukkan bahwa itu adalah kabel output AC.
Tips Perawatan Kiprok Honda CB150R Old
Agar kiprok Honda CB150R old Anda tetap berfungsi dengan baik, ada beberapa tips perawatan yang dapat Anda lakukan, yaitu:
- Periksa kondisi kabel kiprok secara berkala dan pastikan tidak ada yang putus atau terkelupas.
- Bersihkan terminal kiprok dari kotoran dan karat menggunakan amplas halus atau sikat kawat.
- Gunakan aki yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda.
- Hindari menggunakan aksesori kelistrikan yang berlebihan yang dapat membebani kiprok.
Dengan memahami warna kabel kiprok Honda CB150R old dan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa sistem kelistrikan motor Anda berfungsi dengan baik dan aman.